Su TH, Hu TH, Chen CY, et. Al. Liver Int. 2016 Sep 16.Doi: 10.1111/liv.13253

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27634143

 

Terapi antiviral oral dapat mengurangi perkembangan penyakit pada pasien hepatitis B kronis. Studi ini bertujuan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai efektivitas terapi entecavir jangka panjang dalam mengu rangi risiko hepatoselular karsinoma (HCC), kejadian sirosis, dan kematian pada sebagian besar penderita hepatitis B kronis yang berkaitan dengan sirosis.

Studi ini merupakan penelitian nasional, multisenter, dan studi kohort retrospektifprospektif di Taiwan. Peneliti mendata pasien sirosis yang berkaitan dengan hepatitis B kronis yang menerima terapi entecavir jangka panjang dan membandingkan perkembangan HCC, kejadian sirosis, dan kematian karena hepatitis B pada pasien yang tidak pernah diberikan terapi.

Hasilnya, didapatkan 1.315 pasien sirosis yang mendapatkan terapi dan 503 pasien sirosis yang tidak mendapatkan terapi dengan median durasi terapi 4 tahun dan tindak lanjutnya 6 tahun. Dibandingkan dengan pasien yang tidak mendapatkan terapi, terapi entecavir berhubungan dengan penurunan risiko HCC sebesar 60% (HR = 0,40, CI 95% = 0,28-0,57). Selain itu, usia yang lebih tua, jenis kelamin laki-laki, HBeAg positif, alfa-fetoprotein (AFP) > 7 ng/mL sebelum terapi merupakan predictor independen perkembangan HCC. Analisis lebih lanjut menunjukan bahwa terapi entecavir secara signifikan menurunkan risiko pendarahan varises, spontaneous bacterial peritonitis, dan kematian yang berhubungan dan disebabkan oleh penyakit hati. Temuan temuan ini dikonfirmasi dengan nilai kecenderungan kohort yang cocok dalam analisis sensitivitas. Pada pasien yang dilakukan terapi entecavir, usia yang lebih tua, jenis kelamin laki-laki, HBeAg positif, level AFP > 7 ng/mL sebelum terapi, dan tahun pertama respons virologi merupakan prediksi perkemban gan HCC. Kesimpulannya, terapi entecavir selama empat tahun secara signifik an menurunkan risiko HCC, kejadian sirosis, dan kematian pada pasien sirosis yang berkaitan dengan hepatitis B kronis.


Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish