MAHESA PARANADIPA
Staf Pengajar Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

 

Pendahuluan

Menurut American Diabetes Asso ciation (ADA) tahun 2010, Diabetes Melitus (DM) merupakan suatu kelompok penyakit metabolik dengan karakteri stik hiperglikemia yang terjadi karena kelainan sekresi insulin, kerja insulin, atau kedu a-duanya. Klasifikasi etiologis DM menuru t ADA 2010, dibagi dalam 4 jenis:
(1) Diabetes Melitus Tipe 1 atau Insulin Dependent Diabetes Meliltus/IDDM. DM Tipe 1 terjadi karena adanya destruks i sel beta pankreas karena sebab autoimun. Pada DM tipe ini terdapat sedikit atau tidak sama sekali sekresi insulin dapat ditent ukan dengan level protein c-peptida yang jumlahnya sedikit atau tidak terdeteksi sama sekali. Manifestasi klinik pertama dari penyakit ini adalah ketoasidosis.
(2) Diabates melitus tipe 2 atau Insulin Nondependent Diabetes Melitlus/NIDDM. Pada penderita DM tipe ini terjadi hiperinsulinemia, tetapi insulin tidak bisa membawa glukosa masuk ke dalam jaringan karena terjadi resistan si insulin yang merupakan turunnya kemampuan insulin untuk merangsang pengambilan glukosa oleh jaringan perifer dan untuk menghambat produksi glukosa oleh hati. Oleh karena terjadinya resistansi insulin (reseptor insulin sudah tidak aktif karen a dianggap kadarnya masih tinggi dalam darah) akan mengakibatkan defisiensi relati f insulin. Hal tersebut dapat mengakibatkan berkurangnya sekresi insulin pada adanya glukosa bersama bahan sekresi insulin lain sehingga sel beta pankreas akan mengalami desensitisasi terhadap adanya glukosa.

Selengkapnya, silahkan baca di edisi cetaknya..

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish