Papageorghiou AT, Ohuma EO, Gravett MG, et Al BMJ. 2016 Nov 7; 355; i5662 doi: 10.136/bmj.i5662

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27821614

 

Tujuan studi ini adalah untuk menciptakan standar internasional tinggi symphysisfundal dari kehamilan wanita sehat dengan kondisi ibu dan perinatal yang baik. Desain studi ini menggunakan studi observasi longitudinal prospektif. Studi ini dilakukan di delapan wilayah urban di Brazil, China, India, Italia, Kenya, Oman, UK, dan USA. Dalam studi ini, ibu hamil dengan gizi baik didaftarkan ke dalam komponen Fetal Growth Longitudinal Study dari Proyek INTERGROWTH 21st pada usia kehamilan 9-14 minggu dan ditindaklanjuti hingga melahirkan.

Tinggi symphysis-fundal diukur setiap 5 minggu sejak minggu ke-14 kehamilan hingga melahirkan menggunakan metode dan staf peneliti yang berdedikasi yang tidak mengetahui pengukuran tinggi symphysisfundal dengan memutar meteran sehingga jumlahnya tidak terlihat selama pemeriksaan. Kurva yang terbaik dipilih menggunakan derajat kedua polinomial pecahan dan selanjutn ya dimodelkan dalam kerangka bertingkat untuk menjelaskan desain penelitian longitudinal.

Dari studi tersebut didapatkan hasil dari 13.108 wanita yang diskrining pada trimester pertama, 4.607 (35,1%) masuk ke dalam kriteria inklusi studi. Dari jumlah wanit a yang eligible, 4.321 (93,8%) mengalami kehamilan tanpa komplikasi mayor dan melahirkan bayi tanpa cacat bawaan. Angka median pengukuran tinggi symphysis-fundal adalah 5,0 (dengan rentang 1-7); sebanyak 3.976 (92,0%) wanita melakukan empat kali atau lebih pengukuran. Pengukuran tinggi symphysis-fundal meningkat hampir linear dengan usia kehamilan. Data yang digunakan untuk mendefinisikan kurva sesuai denga n percentil ke-3, ke-50, dan ke-97 yang menunjukkan hasil yang sangat baik terhadap nilai yang ditelaah.

Studi ini menyimpulkan bahwa standar internasional untuk mengukur tinggi symphysis-fundal merupakan alat skrining tingkat pertama untuk mengetahui gangguan pertumb uhan janin.

 


Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish