Dari Redaksi

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Seiring berkembangnya zaman, prevalensi penyakit kanker juga terus meningkat. Gaya hidup yang kurang baik, seperti merokok dan pola makan yang tidak teratur seringkali menjadi pemicu munculnya berbagai macam jenis kanker. WHO memperikirakan sekitar 8,2 juta orang meninggal dunia pada tahun 2012 akibat penyakit kanker. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Bulan Februari merupakan bulan yang bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia. Peringatan Hari Kanker Sedunia ini merupakan salah satu kesempatan untuk menunjukkan kepedulian kita terhadap penderita kanker di seluruh dunia. Hari Kanker Sedunia juga sekaligus menunjukkan bahwa permasalah penyakit kanker sangat kompleks dan membutuhkan perhatian serius. Hal ini dikarenakan penanganan penyakit kanker tidak selesai hanya dengan melakukan berbagai jenis pengobatan, melainkan juga melakukan berbagai tindakan pencegahan serta deteksi sejak dini.

Di Indonesia, beberapa kasus penyakit kanker yang paling sering muncul antara lain adalah kanker paru, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker kolorektal. Jenis-jenis kanker tersebut merupakan jenis kanker yang dipicu oleh gaya hidup yang kurang baik. Perkembangan penyakit kanker juga membutuhkan waktu hingga bertahun-tahun. Oleh karena itu, kemungkinan gaya hidup yang kurang baik tersebut sudah dilakukannya sejak dahulu. Dengan memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik, seperti rutin berolah raga dan tidak merokok, tentu akan mencegah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.

Selain menjaga pola hidup, melakukan deteksi dini penyakit kanker juga merupakan salah satu langkah untuk mecegah keparahan penyakit ini. Semakin cepat kanker diketahui, semakin besar pula keberhasilan pengobatannya. Dengan demikian, pasien dapat tetap mempertahankan kualitas hidupnya. Beberapa jenis kanker juga sudah dapat diketahui dengan melakukan deteksi dini secara sederhana, misalnya dengan melakukan SADARI untuk deteksi dini kanker payudara dan IVA untuk deteksi dini kanker serviks. Oleh karena itu, kanker sebenarnya dapat dicegah dan disembuhkan.

 

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish