Tidak hanya mengefisienkan sumber daya dalam rangka upaya kuratif, tetapi juga menyamankan pasien dalam menjalani kehidupan yang berkualitas.

Imunisasi menjadi bentuk pencegahan akti­f yang dapat diupayakan terkait dengan masalah tersebut. Merangsang kekebalan tubuh untuk mengenal beragam antigen patogen berbagai penyakit dilakukan dengan cara tersebut dan hasilnya tampak signifikan. Cakupan imunisasi berkualitas terbukti menurunkan banyak insiden penyakit, terutama pada anak-anak. Penularan penyakit juga dihentikan dengan cara tersebut dan telah menjadi program wajib bagi setiap puskes­mas dalam rangka mengendalikan angka kemat­ian bayi dan balita.

Hanya saja, seiring perkembangan usia, terutama saat memasuki dewasa, populasi yang kian bertumbuh tersebut akan menghadapi beragam penyakit lain yang sebetulnya masih dapat dicegah melalui vaksinasi. Populasi usia dewasa di Indonesia terus berkembang, namun tampaknya kita semua melupakan betapa pentingnya imunisasi bagi populasi dewasa. Penulis belum mendapat­kan data pasti proporsi populasi dewasa yang telah mendapatkan imunisasi. Beragam penyakit berbahaya seperti kanker serviks, sebetul­nya dapat dicegah melalui imunisasi terhadap Human Papilloma Virus (HPV) sehingga ia tidak lagi menjadi kanker tertinggi yang dialami populasi dewasa. Ketiadaan program nasional terkait imunisasi usia dewasa menjadi tugas kita untuk perlahan menyadarkan masyarakat akan pentingnya imunisasi, khususnya pada orang dewasa.

Selengkapnya, silahkan baca di edisi cetaknya..

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish