Acara ini juga betuj­uan memberi kesempatan bagi para kolega sejawat untuk berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman di bidang tersebut. 

Saat ini, banyak sekali produk kesehatan yang dikhu­sus­kan untuk perawatan kulit dan kelamin beredar di pasaran. Untuk itu, dalam simposium ini juga diadakan pameran dari beber­apa perusahaan farmasi yang bergerak di bidang kesehatan kulit dan kelamin.

1404-keg8-peranPenyakit kulit bisa menye­ran­g siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, baik orang dewasa maupun kanak-kanak, bahkan bayi. Karena anatomi kulit yang sangat berbeda denga­n orang dewasa, bayi merupakan kelompok usia yang sangat rentan terhadap gangguan kulit. Pada tahun pertama, seorang bayi akan sangat rentan terhadap gangguan  karena lapisan kulit mereka belum sempurna. Dibutuhkan waktu hingga satu tahun bagi epidermis kulit untuk berkembang dengan cepat dan ber­fungsi secara efektif.

Pada bayi, struktur kulit lebih tipis dan ikatan antar-sel lebih lemah serta lebih halus. Kulit bayi juga memiliki pigmen yang lebih sedikit dan tidak mampu mengatur temperatur seperti halnya anak-anak de-ngan usia lebih tua atau orang dewasa. Menjaga kesehatan sawar kulit bayi sangat penting. Oleh karena itu, dibutuhkan pe­mahaman yang lebih baik me­nge­nai produk yang diguna­kan dalam menjaga dan mera­wat sawar kulit bayi dan anak. Salah satu penyakit yang mengakibatkan kerusakan sawar kulit adalah dermatitis atopik.

Sawar kulit yang sehat terdiri dari sel kulit yang dibungkus oleh lipid lamella, yang ber­fungsi mencegah masuknya alergen dan bahan iritan, juga berperan dalam menjaga ke­lem­bab­an kulit. Turunan filaggrin membentuk natural moisturizing factor (NMF) bersama asam menyebabkan pH kulit menjadi 5,5. Pada dermatitis atopik, terja­di penurunan kadar NMF dan asam sehingga pH kulit meningkat. pH yang tinggi ini akan mengurangi produksi lipid lamella dan kadar ceramide di stratum korneum. “Kulit kita tersus­un seperti model bricks and mortar,” ungkap dr. Ari Muhandari, Sp.KK saat memaparkan materi berjudul “Skin Care in Infants and Children”. Ini seperti batu bata di dinding, di mana batu bata adalah korneosit, besi penyangganya desmosom, dan pengaduknya lipid lamella. Komposisi lipid lamella sendiri adalah ceramide (40-50%), asam lemak bebas (20%), dan kolesterol (15-20%). Ceramide merupakan lemak khusus yang terbentuk dari basa sfingosin dan asam lemak, berperan da­lam menjaga integritas struktu­r stratum korneum. Terapi dengan emolien, digabung dengan menghindari allergen dan bahan iritan, merupakan kombinasi terapi dasar bagi pengobatan dermatitis atopik. “Tidak ada atura­n yang kaku dalam penggunaan emolien pada bayi. Hanya, ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan yaitu gunakan pada area yang terbuka dan luas, penggunaan secara teratur (dua kali dalam sehari) jauh lebih besar manfaatnya daripada yang sekali-sekali saja, dan gunakan produk emolien yang benar-benar baru dibuka (tempatkan di wadah yang kecil agar tidak terlalu sering dibuka supaya tidak menjadi sumber infek­si baru),” ungkap dr. Ari.

Produk baru yang dirancang untuk membatasi hilangnya kadar air pada epidermis sehingg­a meningkatkan struktur pertahan­an kulit juga dapat menjadi solusi dalam mengatasi der­matiti­s atopik. Salah satunya adalah dengan krim Ceradanâ dari Hyphens Pharma Pte Ltd. Krim dengan kandungan 3,3% ceramide ini merupakan krim dengan kandungan lipid fisiolo­gi­­s tertinggi di antara produ­k lain. Selain itu, dengan komposisi formula ceramide: asam lemak bebas: kolesterol sebesar 3:1:1, krim ini terbukti seca­ra klini­s da­p­at mengurangi transepidermal water loss se­hing­ga diperoleh perbaikan kulit yang optimal.

Kerusakan sawar kulit me­rupa­kan efek yang selalu ada pada pasien dengan dermatitis atopik. Kulit penderita dermatitis atopik mengalami defek pada ceramide sehingga perannya sebag­ai penjaga integritas sawar kulit menjadi terganggu. Ber­ba­gai studi menunjukkan bahwa pelembab dengan komposisi cera­mide dominan membantu mengoreksi kekurangan ini denga­n mengganti ceramide se­hin­g­ga terapi dermatitis atopik pada bayi dan anak menjadi tepat dan aman. u (Ratih)


Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish