Kegiatan

Peran Parasetamol Supositoria untuk Penanganan Demam dan Nyeri pada Anak

 

 

Demam merupakan alasan paling umum seorang anak dibawa berobat ke dokter. Banyak orang tua yang fever phobia atau memiliki kekha­watiran berlebihan terhadap dema­m, dimana kekhawatiran tertinggi orang tua jika anak dema­m (demam tinggi) adalah kejadian kejang demam dan kerusakan saraf.

Mecobalamin untuk Terapi Neuropati Diabetik

 

Nyeri neuropati diabetik merupakan komplikasi yang umum terjadi pada pasien diabet­es, terutama yang telah meng­alami diabetes dalam wakt­u yang lama. Sebanyak 60-70% pasien diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, mengalami komplikasi saraf tepi ringan hingga berat. Komplikasi neuropati diabetik diawali dengan nyeri ringan atau kesemutan hing­ga akhirnya bisa terjadi kon­sek­u­ensi yang cukup fatal seperti amputasi.

Awali Akurasi Pemeriksaan Fisik Dengan Stetoskop Littman

 

Stetoskop sering dianggap seba­gai simbol pekerjaan dokter karena dokter kerap terlihat atau digambarkan dengan sebuah stetoskop yang tergantung di lehernya. Lalu, sejak kapan stetoskop mulai digunakan oleh para dokter? Orang yang pertama kali menciptakan dan menggunakan stetoskop adalah dokter kebangsaan Perancis bernama Rene Theophile Hyacinthe Laennec (1781-1826).

Potensi Herbal sebagai Imunostimulator

 

Indonesia dan herbal adalah dua hal yang tak terpisahkan. Patut diakui bahwa sebagai negar­a hutan hujan tropis, Indonesia menyimpan jutaan kekayaan hayati yang memiliki potensi sebagai tanaman obat. Di samping itu, tradisi dan buday­a pengobatan herbal di Indonesia juga masih kental hingga kini.

KPPIK 2014: Menguatkan Pelayanan Primer untuk Mendukung JKN

 

Dalam rangka Dies Natalis ke-64, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Kedokteran (KPPIK) 2014 yang diadakan di Hotel Shangri-La, Jakarta, 31 Mei-1 Juni 2014. KPPIK merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak  1968 oleh Continuing Medical Edu­cation-Continuing Professional Development (CME-CPD) FKUI. Secara umum, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para tenaga medis dari seluruh Indonesia.

Compression Therapy, Terapi Mudah Atasi Penyakit Vena dan Limfatik

 

Pembuluh darah balik (vena) mengantarkan darah kaya oksigen dari tubuh kembali ke jantung. Setelah melepaskan makanan, darah dari pembuluh nadi (arteri) melewati pembuluh rambut, lalu masuk ke pembuluh vena. Berbeda dengan pembu­luh nadi, pembuluh vena memiliki katup satu arah yang menjaga agar darah bergerak kembali ke jantung, bukan ke arah sebaliknya (reflux).

Penanganan Alergi, Optimalkan Terapi Antihistamin

 

Antihistamin merupakan obat yang kerap digunakan untuk menangani kasus alergi. Akan tetapi, pemakaiannya yang kurang tepat seringkali mengakibatkan pengobatan menjadi tidak optimal dan tingginya angka rekurensi sehingga kualitas hidup pasien menjadi terganggu. Bagaimana langkah tepat mengoptimalkan terapi antihistamin?

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish