Salah satu perusahaan bisnis terbesar di dunia yang bermar­kas di Amerika Serikat ini memiliki cabang di Indonesia. Perusa­haan ini memproduksi dan memasarkan beragam produk inovatif, antara lain; produk industr­ial, safety & graphics, electronic & energy, consumer dan health care. Untuk produk health care tersedia mulai dari mencegah infeksi hingga membuat senyum lebih cerah dengan perawatan gigi. Salah satu produ­k unggulan untuk health care yaitu Stetoskop Littmannâ. Produk ini terbuat dari material yang kuat sehingga tahan lama dengan kualitas suara 1 hingga 10, ringan dibawa dan tersedia dengan berbagai warna menarik. Khusus tipe stetoskop elektronik bahkan memungkin­kan untuk melakukan pemeriksaan dari jarak jauh dengan teknologi software Stethassist

Melihat pentingnya inovasi dan teknologi untuk meningkat­kan kualitas hidup, perusahaan ini mengajak masyarakat me­maha­mi berbagai inovasi dan teknologi terdepan miliknya yang diaplikasikan pada bera­gam produk. Untuk memperkenalkan serangkaian produk ino­vatif­nya, rekan media diundang untuk berkunjung ke Customer Innovation Center (CIC) yaitu galeri inovasi teknologi produk ciptaan perusahaan tersebut, bertempat di Perkantoran Hijau Arkadia, Jakarta Selatan.

Dalam kunjungan tersebut turut hadir Veena Lakkundi, selak­u President Director, yang sekaligus membuka acara. Veena mengatakan terdapat sekitar 60.000 produk hasil inova­si perus­ahaan yang dipim­pi­nnya. “Sekitar 10 persen dari jumlah tersebut sudah dipasar­kan di Indonesia, dan sebagiannya bisa dilihat di CIC ini. Dari kunjungan ini, bisa dilihat barang apa saja yang merupakan inovasi perusa­haa­n kami,” ujarnya.

Selain melihat berbagai produ­k, rekan media juga diajak mengikuti acara diskusi bersama Jugono Widjaja (South East Asia Region & Country Leader Business Service Group) dan Audist Subekti (Country Leader Research & Development Departement). Diskusi ini membahas sejarah terbentuknya per­usahaan multinasional ini serta perkembangannya di Indonesia. Dalam kesempatan ini, Jugono memberikan beberapa contoh barang produksinya. Dilanjutkan oleh Audist mengenai dasar teknologi serta pengaplikasian inovasi pada seluruh produk. Dalam presentasi dan diskusi tersebut dijelaskan bahwa sebenar­nya tanpa disadari ba­nyak sekali produk dari perusahaan inovasi ini yang digunakan masyarakat, namun banyak dari masyarakat yang tidak menya­darinya atau bahkan tidak mengetahui hal tersebut.

Setelah mendengar presentasi dan diskusi, acara kunjunga­n ini dilanjutkan dengan berkelilin­g CIC secara berkelompok. Pertama menginjakan kaki di CIC, nampak banyak sekali barang yang ada di ruangan tersebut, mulai dari produk kebutu­han rumah tangga dan perkantoran, transportasi personal, minyak dan gas, pertambangan, komunikasi, energi dan daya, keamanan personal dan makanan, keselamatan berlalu­lin­tas, hingga layanan kesehatan. Selain memiliki CIC, per­usahaan ini juga memiliki ruang workshop untuk mengajarkan cara meng­guna­kan produknya secara langsun­g.

CIC menjadi tempat stra­tegi­s untuk mendiskusikan peluan­g bisnis ataupun meng­eksplorasi ide-ide yang disampaikan oleh komunitas penggunanya, ber­sama mitra kerja potensial se­per­­ti distributor, suppl­ier, pergurua­n tinggi, lembaga riset, instansi pemerintah, kalangan industri, dan konsumen. Audist menambahkan, “tempat ini buka setiap hari kerja mulai jam 08.00-17.00 WIB dan melalui perjanjian sebel­umnya dapat dikunjungi oleh siapa saja yang ingin mengen­al lebih jauh bagaimana perusahaan kami berinovasi selam­a ini.” Beragam produk di CIC membuktikan bahwa ke­seha­rian hidup kita dikelilingi oleh inovasi ciptaan 3M. u (Dipo)


Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish