Kegiatan

Kontrol Glikemik Lebih Baik Dengan Insulin Analog

 

Diabetes melitus (DM) terjadi baik ketika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin maupun ketika tubuh tidak dapa­t secara efektif mengguna­ka­n insulin yang dihasilkan sehing­ga timbul hiperglikemia (gula darah). Hiperglikemia mengakibatkan profil glukosa darah prandial dan puasa sema­kin buruk

Bioactive Fraction DLBS1442, Pilihan Tepat untuk Meredakan Nyeri Haid

 

Setiap bulan, wanita usia reproduksi (15–49 tahun), tidak sedang hamil, dan belum menopause, akan mengalami menstruasi. Salah satu gejala menstruasi yang sering dirasakan oleh wanita adalah Premenstrual syndrome (PMS). Gejalanya muncul antara 1-14 hari sebelum menstruasi dan berhenti saat menstruasi mulai.

Kombinasi VLPD dan Keto Acid pada Pasien Chronic Kidney Disease

 

Fungsi ginjal sangat vital bagi tubuh. Ia berfungsi mendukung kondisi yang sehat (homeostasis) dengan mengatur keseimbangan asam basa, input/ output air, dan elektrolit. Ketika ginjal kehilangan fungsi­nya ma­k­a akan terjadi penyakit ginjal akut (Acute Kidney Injury) dan penyakit ginjal kronik atau Chronic Kidney Disease (CKD). Penyakit ginjal akut bersifat rever­sible yang disebabkan gang­guan hemodinamik (dehi­dra­si, perdarahan hebat) akibat obat-obatan atau bahan yang bersifat merusak ginjal (nefrotoksik). Penyakit ginjal akut biasa­­nya tidak disertai anemia atau hipertensi. Sebaliknya, CKD bersifat ireversibel (tidak bisa sembuh, progresif, dan kronis atau menetap lebih dari 3 bulan).

Solusi Antibiotik Empiris untuk Sepsis di ICU

 

Sepsis sering dikaitkan de­ngan kondisi medis yang serius dan pada fase lanjut dapa­t menyebabkan kegagalan organ seperti paru-paru, ginjal, dan hati hingga menyebabkan kematian. Data epidemiologi memperkirakan bahwa sepsis menyebabkan 30 hingga 50 kema­tian tiap 100.000 populasi. Kondisi ini menempatkan sepsis sebagai rangking 10 besar penyakit yang menyebabkan kemat­ian terbanyak di dunia. Oleh karena itu, pengetahuan tentang sepsis, patofisiologi, dan cara penanganan yang tepat harus diketahui oleh para dokter, khususnya di bagian Intensive Care Unit (ICU), agar dampak sepsis yang tidak diinginkan bisa dicegah.

Moxifloxacin, Mengatasi Berbagai Penyakit Infeksi

 

Penggunaan antimikroba yang tidak efisien sehingga  kuman dapat lebih lama hidup di tubuh pasien merupakan pengob­atan yang gagal. Hal ini karena pengobatan tersebut tidak hanya membahayakan pasien, tetapi juga memberikan kesempatan kuman lebih lama berkembang dan dapat menyebabkan terjadinya resistansi.

Siprofloksasin Infus: Inovasi Baru untuk Demam Tifoid Berat

 

Demam tifoid merupakan penyakit endemik yang masih menjadi masalah kesehatan di negara berkembang. Menurut data, demam tifoid menyebabkan sekitar 21,6 juta kasus dengan 216.500 kemati­an pada tahun 2000, dan menunjukkan angka insiden yang tinggi, yaitu > 100 kasus per 100.000 populasi per tahun di wilayah Asia. Di Indonesia, dema­m tifoid dapat ditemukan sepanjang tahun dimana pada 2007 dilaporkan prevalensi kasus­n­ya sekitar 358-810 per 100.000 penduduk dan umum­ny­a me­nge­nai usia dewasa muda.

Netilmisin pada 15th Jakarta Antimicrobial Update 2014

 

Perhelatan akbar 15th Jakarta Antimicrobial Update tahun ini diselenggarakan bekerja sama dengan 20th Congress of Indonesian Society of Tropical Medicine and Infectious Disease Consultant (PETRI, Perhimpunan Peneliti Penyakit Tropik dan Infeksi Indonesia). Pada pertemuan ini, berbagai masalah penyakit infeksi dibahas mulai dari infeksi rumah sakit sampai infeksi re-emerging infectious disease. Mengambil tema “Infectious Disease: From Global Issue to Local Practice, isu resistansi dan efektivitas antibiotik tetap menjadi salah satu bahasa­n utama.

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish