Kegiatan

Emolien MAS063DP:

Terapi Non-Steroid untuk Dermatitis Atopik

 

Dermatitis atopik merupakan kelainan kronik residif yang dapat terjadi pada semua kelompok usia serta memerlukan terapi yang efektif dan aman. Dalam PIT XIII Perhim­punan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia di Yogyakarta akhir 2013 lalu, hadir Dr. dr. Indah Julianto, Sp.KK(K) menjadi pembica­ra pembahasan yang disampaikan oleh Prof. Dr. dr. Siti Aisah Boediardja, Sp.KK(K); dr. Inne Arline Diana, Sp.KK(K); dan Prof. Dr. dr. Endang Sutedja, Sp.KK(K). Para pakar ini memaparkan tantangan yang dihadapi serta penelitian terbaru dalam tata laksana dermatitis atopik.

Beta-Blocker untuk Hipertensi: Apa ada Fungsinya?

 

Dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan Perhimpunan Hipertensi Indonesia yang ke-8 di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Sabtu, 8 Maret 2014, lalu dr. Erwinanto, SPJP(K) ber­kesempatan untuk memaparkan pandangannya tentang penggunaan b-blocker dalam pengelolaan Coronary Arterial Disease (CAD) dan hipertensi. Menurut dr. Erwinanto, berbeda dengan JNC 7 (Joint National Committee7), JNC 8 hanya menjawab 3 pertanya­­an.

Atasi Nyeri Neuropati Akibat Diabetes dan Herpes Zoster Dengan Benar

 

Nyeri neuropati adalah suatu kondisi nyeri yang disebabkan oleh adanya lesi atau penyakit yang memengaruhi susunan saraf somatomotorik. Contoh penyakit yang bisa meng­akibatkan terjadinya nyeri neuropati adalah diabetes melitu­s (DM) dan herpes zoster (HZ).

Cegah dan Atasi Dermatitis Atopik dengan Emollient Cream

 

 

Bayi dan anak kecil sering mengalami peradangan kulit seperti ruam kemerahan di bagian tertentu pada tubuhnya. Ruam tersebut juga menimbulkan rasa gatal sehingga anak seringkali menggaruk badannya sampai lecet. Akibatnya,  timbul berbagai kelainan kulit lain seperti mudah terkena alergi. Hal inilah yang mengkhawatir­kan para orang tua anak dengan kondisi tersebut. Lalu, apa sebenarnya yang terjadi pada kulit anak? Kemungkinan anak tersebut menderita dermatitis atopik.

Hipertensi sebagai Komplikasi Pasien Diabetes Melitus Tipe II

 

Pada tanggal 8 -9 Maret 2014, Perhimpunan Hipertensi Indonesia (INASH) mengadakan Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-8 bertempat di Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta. Salah satu rangkaian symposium yang diadakan adalah “Management of Hypertension in Diabetic Patients“ dengan pembicaranya adalah dr. Toni M Aprami, SpJP.

Pertemuan Ilmiah Tahunan INASH Ke-8: Penanganan Optimal Hipertensi padaPelayanan Kesehatan Primer dan Rujukannya

 

Sabtu, 7–9 Maret lalu, Perhimpunan Hipertensi Indonesia (INASH) mengadakan Pertemuan Ilmiah tahunan ke-8. Pertemuan dibuka secara resmi pada pagi hari, 8 Maret 2014, di Ballroom 2 Hotel Ritz-Carlton Mega Kuningan, Jakarta, oleh ketukan palu dari dr. Yan Aslian Noor, MPH, Kasubdit RS Swasta Dirjen Bina Kesehatan Rujukan. Acara dimulai dengan menya­nyi­kan lagu Indonesia Raya secara bersama, diikuti sambutan dari dr. Pringgodigdo Nugroho, SpPD; dr. Yuda Turana, SpS; dr. Pranawa, PhD, SpPD, KGH, FINAS­IM; dan dr. Nani Hersunarti, SpJP(K), FIHA.

Antioksidan Eksogen dan Endogen: Perlindungan Maksimal dari Radikal Bebas

 

Jika berbicara tentang penua­an dini maka yang terlintas dalam pikiran kita adalah radikal bebas. Sebenarnya bagaimana radikal bebas menyebabkan penuaan dini? Pada dasarnya, radikal bebas terus-menerus dihas­ilkan oleh tubuh secara normal melalui peristiwa meta­boli­sme normal ketika terjadi peradangan atau ketika tubuh mengalami kekurangan gizi.

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish