Kegiatan

Paradigma Baru dalam Manajemen Terapi Diabetes Tipe 2

 

Sabtu, 15 Juni 2013, diselenggarakan acara Diabetes, Obesity and Cardiovascular Link (DOC Link) di Novotel Mangga Dua, Jakarta. Menurut Prof. Dr. dr. Sidartawan Soegondo, SpPD, DTM&H, KEMD, FACE, ada paradig­ma baru dalam pera­watan diabetes melitus tipe 2. “Pengobatan secara intensif yang didorong oleh target, kombin­asi awal termasuk denga­n insulin, dan pengobatan dengan insulin secara intensif bisa menjadi paradigma baru dalam treatment T2DM,” ujar Prof. Sidartawan.

Treatment on Upper Gastrointestinal Bleeding Management

 

Non-Variceal Upper Gastro­in­testinal Bleeding (NVUGIB) adalah perdarahan saluran cerna atas non-varises yang merupakan kondisi kritis sehingga memerlukan penanganan yang cepat dan efektif. Penilaian yang tepat dan pengobatan yang baik berpengaruh besar terhadap prognosis pasien dengan UGIB. Endoskopi merupakan hal yang penting dalam diagnosis dan pengobatan UGIB.

Penanganan Hipogonadisme Akibat Kekurangan Testosteron Terkait Sindrom Metabolik

 

Sindrom metabolik (MetS) sedang hangat dibahas dalam beberapa tahun terakhir. Sindrom yang dikaitkan dengan perkembangan kejadian diabetes tipe 2, salah satunya ditandai dengan obesitas viseral. Tanda tersebut menjadi pemicu terjadinya sindrom defisiensi testosteron/testosterone deficien­cy syndrome (TDS) yang berujung pada hipogonadisme.

Peran Probiotik Lactobacillus reuteri dalam Eradikasi Helicobacter pylori

 

Helicobacter pylori (H. pylori) bertanggung jawab atas terjadinya inflamasi lambung kronis (gastritis) yang terjadi pad­a kurang lebih dua per tiga penduduk dunia. Pada umumnya, sanitasi yang buruk menjadi faktor pendukung terjadinya infeksi H. pylori. Kenyataannya, infeksi H. pylori banyak terjadi di negara berkembang. Senada ungkapan Dr. dr. H. Murdani Abdullah, SpPD-KGEH, FACG, “Infeksi H. pylori lazim terjadi, dilaporkan tinggi terutama di negara berkembang dengan status sosial ekonomi yang renda­h dan pendidikan yang rendah”.

Kombinasi Sinergis L-Carnitine dan CoQ-10 dengan Atorvastatin Berperan Dalam Terapi Sindrom Metabolik

 

Pertemuan Ilmiah Nasional (PIN) XI Persatuan Ahli Penyakit Dalam (PB PAPDI) yang bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru dimulai pada tanggal 28 - 30 Juni 2013. Perhelatan akba­r tersebut dihadiri 500 dokter spesialis penyakit dalam dengan mengusung tema “Update in Diagnostic Procedures and Treatment in Internal Medicine”. Judul simposium yang diangkat antara lain: “Role and Benefits of L-Carnitine – Coenzym Q10 Therapy in Patients with Type II DM” yang disampaikan oleh Prof. dr. Lukman H. Makmun, SpPD-KKV, KGer dan “High Dose Atorvastatin Theraphy in Patients with High Risk of Metabolic Syndrome” oleh dr. Marulam M. Panggabean, SpPD-KKV, SpJP, FINASI­M.

Nutrisi Pendukung untuk Usia Lanjut

 

Semakin tua usia seseorang, semakin tinggi kebutuhan akan nutrisi yang baik. Apalagi jika seseorang memiliki masalah kesehatan. Nutrisi tentu harus benar-benar diperhatikan. Ketika seseorang memasuki masa lansia, kondisi fisiknya akan meng­alami penurunan. Agar dapat tetap menjaga kondisi fisik yang prima, kondisi fisik secara keseluruhan perlu menyesuaikan.

Terapi Tepat Sebelum Terlambat Penanganan Diare Akut pada Anak

 

Gastroenteritis atau yang lebih dikenal dengan diare adalah pengeluaran tinja lebih dari tiga kali sehari yang diikuti dengan perubahan konsistensi menjadi lunak (loose) dan cair (watery),” ungkap Dr. Hj. Berlian Hasibuan, SpA(K) pada awal mula presentasi yang berjudul “Penanganan Diare Akut Pada Anak” dalam acara “Seminar Kesehatan: Penanganan Diare Terkini”, yang diselenggarakan pada 29 Juni 2013, bertempat di Hotel Grand Antares, Medan, Sumatera Utara. Acara yang diadak­an dalam rangka Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang ke-62 cabang Medan tersebut menarik simpati banyak kalangan terutama para bidan.

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish