Kegiatan

Hubungan Antara Obesitas dan Hipogonadisme dengan Sindrom Metabolik

 

Membuka presentasinya pagi itu, dr. Em Yunir Sp.PD, melontarkan suatu pertanyaan, “Apakah perlu mengobati kondisi hipogonadisme pada sindrom metabolik?” Pada simposium yang merupakan bagian dari Annual Scientific Meeting of Indonesian Heart Association (ASMIHA), Minggu, 7 April 2013, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, itu, dr. Em Yunir membawakan topik yang berjudul “The Missing Link Between Testosterone Deficiency Syndrom (TDS) and Metabolic Syndrom.” Simposium dimoderatori oleh dr. Nur Haryono, Sp.JP

Pemberian Atorvastatin Dosis Tinggi pada Pasien Dengan Risiko Tinggi Sindrom Metabolik

 

Sabtu, 8 Juni 2013, di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, diadakan simposium Holistic Approaches in Cardio­vascular Disease XII. Dalam kesem­patan tersebut, diangkat suatu tema mengenai “Metabolic Syndrome: What is New?”  Prof. Dr. Abdul Majid, Sp.PD, KKV-FACC, sebagai salah satu pembicara membawakan suatu topik berjudul “High Dose Atorvastatin Therapy in Patients with High Risk of Metabolic Syndrom.

Kebutuhan Vitamin B12 bagi Lansia

 

Sabtu, 18 Mei 2013, di Universitas Pelita Harapan Tangerang, diselenggarakan PIT-PAPDI Banten. Dalam kesempatan tersebut, dr. Arya Govinda Sp.PD-KGER mengisi sesi seminar dengan topik “Gangguan Nutrisi pada Geriatri : Fokus pada Peran Adenocylcobalamin”. Membuka presentasinya, dr. Arya menyampaikan bahwa jumlah penduduk geriatri di Indonesia saat ini semakin ber­tambah. Disebut pasien geriatri atau usia lanjut apabila usia suda­h ³ 60 tahun.

Sehat di usia lanjut, Perlu Pencegahan dan Tata Laksana yang Komprehensif

 

Berdasarkan data demografi penduduk internasional oleh “Bureau of the Census USA” dilaporkan bahwa pada 1990-2025 jumlah usia lanjut akan mengalami kenaikan sebesar 414%. Angka ini tertinggi di seluruh dunia. Di Indonesia, secara demografi jumlah usia lanjut pada 2005-2015 sama dengan jumla­h anak balita, yaitu 9% dari jumlah penduduk. Diperkirakan pada 2020-2025 jumlahnya meningkat. Indonesia menempati urutan ke-4 setelah RRC, India, dan Amerika. Bertambahnya harapan hidup menjadi faktor utama.

Peran SOD sebagai Penangkal Radikal Bebas

 

Geriatri identik dengan proses penuaan. Namun, masalah penuaan dini kini semakin marak. Semua diawali dari stres oksidatif yang berlebih dalam tubuh. “Di berbagai literatur, peningkatan stres oksidatif diang­gap sebagai tanda awal penuaan,” tutur Prof. Dr. dr. Siti Setiati, SpPD-KGer, M. Epid, FINASI­M, dalam paparannya. Selain dibutuhkan, oksigen juga dapat menjadi radikal bebas yang diperoleh dari hasil meta­bolis­me. Akibatnya, Reactive Oxygen Spesies (ROS) mening­kat, disebut stres oksidatif, dan menyebabkan kerusakan DNA di tingkat mitokondria. Mito­kon­dria merupakan tempat berlangsungnya respirasi tingkat sel.

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish