Kegiatan

Pencapaian Kehamilan Sempurna dan Kelancaran Menyusui

 

 

Pertengahan Maret lalu, kota Solo semakin semarak de­nga­n diadakannya Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Fetoma­ter­nal ke-14. Kegiatan yang meng­usung tema “Recent Advances on Preventive Clinical Excellences” ini bertempat di Hotel Sunan Solo. Kegiatan tahunan ini dihadiri ribuan dokter Obstetri dan Ginekologi serta Residen Obsgyn dari seluruh Indonesia dengan antusias, baik dalam mengikuti simposium ilmiah dan workshop maupun saat me­ngun­jungi pameran stand farma­si.

Satgas Imunisasi Dewasa PAPDI Bekerja di Hulu

 

Selasa, 30 April 2013, di ruang kuliah Departemen Ilmu Penyakit Dalam RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta, ber­langsung peringatan dasawarsa Imunisasi Dewasa. Berawal dari pertemuan di Manado pada 2013, Perhimpunan Dokter Spe­sialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) mendirikan Satuan Tugas (Satgas) Imunisasi Dewasa.

Diagnosis dan Manajemen Community Aqcuired Pneumonia (CAP)

 

 

Memulai simposium yang merupakan bagian dari Jakarta Antimicrobial Update (JADE) ke-14 di Hotel Shangrila, Jakarta, Dr. dr. Cleopas Martin Rumende, SpPD-KP menjelaskan mengenai Diagnostic and Risk Assesment in Community- Acquired Pneu­mo­nia (CAP). Membuka presentasinya, dr. Martin mengatakan bahwa pneumonia masih merupakan masalah di Indonesia dan luar negeri.

Kecepatan dan Ketepatan Reaksi, Kunci Hadapi Pneumonia pada Pasien Immunocompromised

 

 

Penderita kelainan sistem kekebalan tubuh seperti HIV lebih berpotensi menghadapi kematian dibandingkan orang normal. Dengan sistem keke­bala­n tubuh yang rusak, anti­bodi alami yang terdapat dalam tubuh manusia praktis tidak akan berfungsi sehingga ancaman penyakit semakin beragam dan sulit ditangani. Dalam acara Jakarta Antimicrobial Update (JADE) di Hotel Shangrila, Jakarta, 13-14 April 2013, dr. Lie Khie Chen, Division of Tropical Medicine and Infectious Diseases Department of Internal Medicine Medical Faculty University of Indonesia, menjelaskan bahwa pasien immunocompromised ini harus ditangani dengan cepat dan tepat agar tidak menimbul­kan risiko kematian.

Peran Moksifloksasin bagi Berbagai Kasus Infeksi 

Launching Zigatâ, moksifloksasin oral 400 mg, dari PT Pharos Indonesia, membawa harapan pilihan baru antibiotik oral yang efektif bagi berbagai kasus infeksi.

 
 

 

 

Infeksi saluran pernapasan merupakan salah satu permasalahan yang sering dijumpai di klinik. Selain sebagai penyakit utama, infeksi saluran pernapasan bawah (pneumonia) sering­kali menjadi komorbiditas bagi penyakit lain yang mem­butu­hkan pasien rawat inap di rumah sakit.

Hubungan Hipogonadisme dengan Diabetes Melitus Tipe 2 pada Pria

 

Pada Minggu, 28 April 2013 lalu, Prof. DR. dr. Askandar Tjokroprawiro, SpPD, K-EMD, FINASIM, membawakan seminar dengan tema hubungan hipo­gona­disme dengan diabetes melitus pada pria, di Hotel Santika, Malang.

 

Diabetes melltus tipe 2 se­ring­kali menyebabkan penyakit endokrin lain, seperti hipogona­disme pada pria. Hipogona­dis­me adalah suatu kondisi klinis dimana timbul gejala dan bukti biokimiawi terjadinya defisiensi testosteron. Resistansi insulin merupakan fitur penting dari dia­betes tipe 2.

Peran Hydrophobic Dressing dalam Mengatasi Kegagalan Luka untuk Sembuh

 

 

Pada dasarnya, penyembuhan luka terjadi dalam 4 fase, yaitu respons vaskular, koagulasi darah, inflamasi dan pembentukan jaringan baru. Sukses atau tidaknya penyembuhan luka tergan­tung pada ada tidaknya infeksi. Infeksi luka ditentukan oleh keseimbangan daya tahan luka dan jumlah mikroorganis­me. Luka mengalami infeksi saat terdapat mikroba 105/ gram tissue, dan dinyatakan gagal sembuh bila mencapai >105.

Translate

English French German Italian Portuguese Russian Spanish