Update dalam Perawatan Tuberkulosis Aktif dan Laten

Tanggal : 30 Aug 2018 14:17 Wib


Haas MK, Belknap RW
Semin Respir Crit Care Med. 2018 Jun;39(3):
297‐309. doi: 10.1055/s‐0038‐1660863
    Isoniazid, rifam pin, pirazinamid, dan etambutol untuk fase dua bulan awal diikuti oleh isoniazid dan rifampisin selama 4 sampai 7 bulan adalah pengobatan standar untuk orang yang berisiko rendah penyakit yang resistan terhadap obat. Terapi yang diamati langsung (DOT) tetap merupakan standar perawatan untuk TB paru. 
     Pemantauan perawatan virtual menggunakan teknologi digital menjadi lebih umum sebagai cara untuk memberikan pendekatan yang lebih berpusat pada pasien untuk perawatan. Upaya untuk mempersingkat durasi pengobatan tidak berhasil berdasarkan pada uji klinis baru‐baru ini yang mengevaluasi peran fluoroquinolones. Uji coba pemendekan terapi menggunakan rifamycin dosis tinggi sedang dilakukan. Obat yang baru disetujui untuk pengobatan TB hanya disarankan untuk penyakit yang resistan terhadap obat, tetapi agen baru dalam berbagai tahap perkembangan sedang dievaluasi.
     Rejimen berbasis Rifamycin untuk infeks i TB laten (LTBI) telah berhasil mencegah perkembangan penyakit TB. Isoniazid dan rifapentin sekali seminggu selama 12 minggu oleh DOT terbukti aman dan efektif dibandingkan dengan 9 bulan isoniazid. Regimen yang sama terbukti memiliki penyelesaian pengobatan yang dapat diterima ketika diberikan self‐administered. Studi baru sedang menyelidiki pengoba tan LTBI yang lebih pendek dengan durasi kurang dari 2 bulan. Pengobatan LTBI pada orang yang kemungkinan terinfeksi dengan TB yang resistan terhadap obat sangat terbatas, tetapi satu penelitian observasional menemukan bahwa fluoroquinolon tampaknya efektif. Percobaan acak pertam a untuk mengobati LTBI dalam kontak dengan MDR‐TB saat ini sedang terdaftar. 

Post Terkait

Kebiasaan Minum Alkohol atau Merokok dan Dampak pada Kognitif Anak

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:30 | 46 View

Meskipun paparan alkohol dan nikotin prenatal sudah dihubungkan dengan menurunnya fungsi kognitif anak‐anak, tetapi hubungan antara minum alkohol selama menyusui dan fungsi kognitif belum diperiksa.

Selengkapnya

Hubungan indeks massa tubuh (IMT) dengan adiponektin interleukin‐1, stress oksidatif, dan tingkat ioduria pada orang dewasa sehat

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:20 | 34 View

Yodium berfungsi untuk menjaga keseimbangan proses oksidasi dan reduksi, dan juga diperlukan untuk sintesis hormon tiroid sebagai triiodothyronine (T3), yang mengatur metabolisme energi pada orang dewasa.

Selengkapnya

Pengaruh Pendidikan Menyusui pada Satu Minggu Setelah Persalinan

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:20 | 45 View

Minggu pertama setelah persalinan adalah periode yang sangat pentin g untuk inisiasi ASI ekslusif.

Selengkapnya

​Risiko infeksi berat pada petugas layanan kesehatan dengan penyakit radang usus

Tanggal Publikasi: 30 Aug 2018 14:14 | 29 View

Apakah petugas kesehatan dengan penyakit radang usus memiliki risiko terkena infeksi berat karena paparan patogen harian yang kontroversial.

Selengkapnya


Jurnal Medika CME

Kolom

Jalan Menuju Panjang Umur