Micronutrient Productivity: Parameter yang Komprehensif untuk Biofortification pada Padi (Oryza sativa L.)

Tanggal : 30 Sep 2018 08:04 Wib


Khan JA, Krupa KN,
Sumantha Holla KM, et al.
J Sci Food Agric. 2018 Aug 9
doi: 10.1002/jsfa.9306
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/
pubmed/30094844
Butiran beras yang kebanyakan dikonsumsi setelah dipoles ternyata tidak mencukupi kebutuhan mikronutrien. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap efek pemolesan pada kandungan mikronutrien dan mengidentifikasi genotipe superior untuk hasil dan kandungan mikronutrien setelah pemolesan.
AM65 menunjukkan kandungan Seng tertinggi, dan AM180 memiliki kandungan Besi tertinggi bahkan setelah dipoles. Ada sedikit atau tidak ada perbedaan antara genotipe untuk konten Zinc dalam dedak, menunjukkan ambang batas yang mungkin untuk akumulasi mikronutrien di lapisan aleuron. Kriteria seleksi komprehensif yang disebut ‘produktivitas mikronutrien’ digunakan untuk memilih parameter hasil dan mikronutrien. AM65 dan ARB6 menunjukkan indeks produktivitas Zinc dan Besi yang tinggi. Penanda OsZIP4b dan OsZIP6c menunjukkan hubungan dengan kandungan Besi pada gel agarosa. Urutan penanda mengungkapkan bahwa OsYSL15 dan OsZIP6c dikaitkan dengan butir Seng dan OsZIP3b, OsMTP1a dan OsYSL4b dengan kandungan butir Besi. Penanda ini dapat digunakan untuk memilih aksesi unggul. 
AM65 diisi dengan mikronutrien dan menunjukkan korelasi positif dengan hasil biji‐bijian, dan itu tidak diragukan lagi. Dedak tidak menguras gandum tetapi bertindak sebagai pintu gerbang untuk transportasi mikronutrien ke endosperm. Produktivitas mikronutrien adalah parameter komprehensif untuk biofortifikasi biji‐bijian.

Post Terkait

Perubahan Diet selama Kehamilan dan Alasan Perempuan Merubah Diet

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:06 | 28 View

Perempuan sering membuat perubahn diet ketika hamil. Namun demikian, modifikasi diet dan alasannya belum dilakukan studi yang baik.

Selengkapnya

Kesenjangan dalam Intervensi Penduduk untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:03 | 26 View

Saat ini ada perhatian besar ditujukan untuk mengidentifikasi intervensi yang menjanjikan dalam mengurangi konsumsi gula pada populasi di seluruh dunia.

Selengkapnya

Pengikisan Nutrisi pada Kanker

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:02 | 26 View

Ketika proliferasi sel kanker bergantung pada akses ke nutrisi ekstraseluler, perfusi tumor yang tidak memadai menandakan bahwa glukosa, asam amino dan lipid sering kekurangan pasokan.

Selengkapnya

Sumber Makanan Berenergi dan Bernutrisi, dan Nutrisi yang Menjadi Fokus Kesehatan Masyarakat untuk Batas dengan Fokus pada Susu dan Makanan Susu lainnya pada Anak 2 sampai 18 Tahun Umur: Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, 2011‐2014

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:01 | 9 View

Banyak anak tidak memenuhi rekomendasi nutrisi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan sumber makanan energi, nutrisi perhatian kesehatan masyarakat, dan nutrisi untuk membatasi dengan fokus pada makanan…

Selengkapnya

Kekurangan Zat Besi Berhubungan dengan Penurunan dalam Beberapa Gejala Independen dari Tingkat Hemoglobin di antara Pasien Hemodialisis Kronis

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:00 | 16 View

Kekurangan zat besi sering menjadi penyebab anemia pada pasien hemodialisis, sedangkan dampak klinis dari kekurangan zat besi tanpa tingkat anemia hemoglobin masih belum jelas. Dengan demikian, penelitian ini dirancang untuk…

Selengkapnya


Jurnal Medika CME