Perkiraan Status Tulang Mandibula dan Kepadatan Mineral Tulang Lumbar pada Wanita Pasca Menopause

Tanggal : 09 Sep 2017 06:47 Wib


Stagraczynski M, Kulczyk T, Podfigurna A, et. Al. Pol Merkur Lekarski. 2016 Aug; 41(242): 79-83

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27591444

 

Osteoporosis merupakan masalah kesehatan yang serius di kalangan wanita pasca-menopause. Berbagai studi klinis  menunjukan korelasi antara kepadatan mineral tulang yang rendah pada kolumna spinalis, panggul, dan status tulang mandibula. Tujuan dari studi ini adalah untuk membandingkan status tulang mandibula dan bagian lumbar tulang belakang wanita pascamenopause dengan osteoporosis, osteopenia, dan wanita pasca-menopause yang memiliki kepadatan mineral tulang normal.

Studi ini mengikutsertakan 47 orang wanita pasca-menopause dengan rata-rata usia 54,8 tahun +/- 3,65 tahun. Pada seluruh subjek, dilakukan pengukuran densitometry pada bagian lumbar tulang belakang. Hasil densitometri ini akan membantu peneliti dalam mengelompokkan subjek menjadi 3 kelompok, yakni kelompok osteoporosis (n = 10), kelompok osteopenia (n=20), dan ke lompok normal (n = 17). Gambaran radiogr afi tulang mandibula dari tiap subjek juga diambil dan hasilnya akan dianalisis secar a statistik. Dari hasil analisis tersebut, tidak ditemukan korelasi antara Panoramic Mandibular Index (PMI) dan Mandibular Ratio (MR) dengan hilangnya kepadatan mineral tulang pada tulang belakang pada wanita pasca-menopause. Namun, terdapat korelasi positif antara jarak dari margin inferior pada mental foramen ke korteks mandibula inferior dan derajat defisiensi mineral tulang belakang.

Dari studi tersebut dapat disimpulkan bahwa PMI dan MR bukan merupakan indika tor radiologi yang memadai untuk mengetahui hilangnya kepadatan mineral tulang belakang pada wanita pascamenopause. Namun demikian, pengukuran jarak antara margin inferior pada mental foramen ke korteks mandibula inferior memiliki korelasi dengan derajat defisiensi mineral tulang belakang. Parameter ini dapat digunakan dalam memperkirakan risiko osteoporosis.


Post Terkait

Perubahan Diet selama Kehamilan dan Alasan Perempuan Merubah Diet

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:06 | 127 View

Perempuan sering membuat perubahn diet ketika hamil. Namun demikian, modifikasi diet dan alasannya belum dilakukan studi yang baik.

Selengkapnya

Micronutrient Productivity: Parameter yang Komprehensif untuk Biofortification pada Padi (Oryza sativa L.)

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:04 | 114 View

Untuk mengurangi hidden hunger, meningkatkan kandungan mikronutrien dari tanaman pokok seperti beras akan meningkatkan nutrisi manusia secara global.

Selengkapnya

Kesenjangan dalam Intervensi Penduduk untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:03 | 127 View

Saat ini ada perhatian besar ditujukan untuk mengidentifikasi intervensi yang menjanjikan dalam mengurangi konsumsi gula pada populasi di seluruh dunia.

Selengkapnya

Pengikisan Nutrisi pada Kanker

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:02 | 121 View

Ketika proliferasi sel kanker bergantung pada akses ke nutrisi ekstraseluler, perfusi tumor yang tidak memadai menandakan bahwa glukosa, asam amino dan lipid sering kekurangan pasokan.

Selengkapnya

Sumber Makanan Berenergi dan Bernutrisi, dan Nutrisi yang Menjadi Fokus Kesehatan Masyarakat untuk Batas dengan Fokus pada Susu dan Makanan Susu lainnya pada Anak 2 sampai 18 Tahun Umur: Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, 2011‐2014

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:01 | 83 View

Banyak anak tidak memenuhi rekomendasi nutrisi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan sumber makanan energi, nutrisi perhatian kesehatan masyarakat, dan nutrisi untuk membatasi dengan fokus pada makanan…

Selengkapnya


Jurnal Medika CME