Mari Mengenal Autisme

Tanggal : 07 May 2019 03:53 Wib


Autisme atau gangguan spektrum autism (GSA) menyebabkan seseorang membentuk pola perilaku berulang dan sering mengganggu interaksi sosial mereka dengan orang lain.
menurut American Autism Association, dokter biasanya mendiagnosis GSA pada masa kanak‐kanak ketika gejal a bisa terjadi sebelum usia 3 tahun. Data Centre of Disease Control (CDC) di Amerika pada bulan Maret 2014 menunjukkan angka kejadian Autisme adalah 1 dari 68 anak. Secara lebih spesifik bahwa 1 dari 42 anak laki‐laki dan 1 dari 189 anak perempuan memiliki austisme.
Saat ini di Indonesia belum ada data statistik jumlah penyandang Autisme. Namun individu dengan GSA ini di perkira kan sudah semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari angka kunjungan di rumah sakit umum, rumah sakit jiwa, pada klinik tumbuh kembang anak yang cukup bermakna dari tahun ketahun.
Jika merujuk pada angka kejadian dan kasus baru GSA, terdapat 2 kasus baru per 1.000 penduduk per tahun serta 10 kasus per 1.000 penduduk. Sedangkan penduduk Indonesia sekitar 237,5 juta pada tahun 2010 dengan laju pertumbuhan penduduk 1,14%. Maka diperkirakan angka kejadian GSA di Indonesia yaitu 2,4 juta orang dengan pertambahan kasus baru 500 orang/tahun.
Istilah “spektrum” mengacu pada berbagai gejala dan tingkat keparahan dalam GSA. Beberapa orang dengan kondisi tersebut mengalami masalah sosial yang berat dan melemahkan semen tara yang lain mungkin dapat berfungsi lebih mandiri.GSA adalah istilah umum yang menjelaskan sejumlah kondisi perkembangan saraf. Dalam edisi terbaru pedoman American Psychiatric Association untuk diagnosis, yang dikenal sebagai Manual Diagnostik dan Statistik Gangguan Mental (DSM‐V), mereka telah menambahkan gangguan‐gangguan berikut kedalam kategori GSA, yaitu: Sindrom Aperger, gangguan disintegratif masa kecil, gangguan perkembangan pervasif yang tidak ditentukan.
Beberapa anak dengan autisme mung kin menunjukkan gejala sejak lahir, sementara yang lain mungkin mengembangkan tanda‐tanda yang lebih jelas ketika mereka menjadi tumbuh besar.
Autisme juga memiliki tautan kekondisi medis lainnya, seperti epilepsi dan kompleks tuberous sclerosis. Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS), diperkirakan 20 hingga 30 persen orang dengan GSA mengembangkan epilepsi pada saat mereka mencapai masa kanak‐kanak.
Autisme dapat memiliki sejumlah efek pada interaksi sosial dan komunikasi seseorang, termasuk:
  • adopsi pola bicara yang tidak biasa, seperti menggunakan nada seperti robot
  • menghindari kontak mata dengan orang lain
  • tidak mengoceh atau merayu orang tua sebagai bayi
  • tidak menanggapi nama mereka
  • keterlambatan pengembangan keterampilan berbicara
  • mengalami kesulitan dalam mempertahankan percakapan
  • frase yang sering diulang
  • kesulitan nyata dalam memahami perasaan dan mengekspresikan perasaan mereka sendiri
Selain gangguan komunikasi, seseorang dengan autisme juga dapat menampilkan perilaku berulang atau tidak biasa, seperti :
  • menjadi begitu diinvestasikan dalam suatu topik yang sepertinya mengkonsumsinya, seperti mobil, jadwal
  • kereta, atau pesawat
  • menjadi sibuk dengan benda‐benda, seperti mainan atau benda rumah tangga
  • terlibat dalam gerakan berulang, seperti goyang sisi ke sisi
  • berbaris atau mengatur mainan atau benda dengan cara yang sangat teratur
Sekitar 1 dari 10 orang dengan autisme menunjukkan tanda‐tanda sindrom savant, meskipun kondisi ini mungkin juga terjadi pada orang dengan kondisi perkembangan lain atau cedera sistem saraf. Savant syndrome terjadi ketika seseorang menunjukkan kemampuan luar biasa dalam bidang tertentu, seperti memainkan alat musik, menghitung jumlah yang sangat kompleks dengan kecepatan tinggi, membaca dua halaman buku secara bersamaan, atau mampu menghafal sejumlah besar pengetahuan.
Penderita autisme berkembang dengan rutin dan memiliki kemampuan untuk memprediksi hasil dari perilaku dan tempat tertentu. Terobosan dalam rutinitas atau paparan lingkungan yang keras dan berlebihan dapat membanjiri seseorang dengan GSA, yang mengarah pada ledakan kemarahan, frustrasi, kesulitan, atau kesedihan.
Tidak ada tes khusus yang dapat mendiagnosis autisme. Sebagai gantinya, dokter mencapai diagnosis melalui laporan perilaku, pengamatan, dan denga n mengesampingkan kondisi lain. Misalnya, jika seorang anak tidak terdiagnosis gangguan pendengaran, gejalan ya bisa mirip dengan autisme.
Penyebab autisme saat ini tidak diketahui, tetapi sejumlah besar studi sedang berlangsung dengan tujuan untuk mempelajari bagaimana autisme berkembang. Para peneliti telah mengidentifikasi beberapa gen yang tampaknya memiliki koneksi ke GSA. Kadang‐kadang, gen‐gen ini muncul dengan bermutasi secara spontan. Dalam kasus lain, orang mungkin mewarisinya.
Dalam studi tentang kembar, autisme sering memiliki korelasi kuat antara orang kembar. Misalnya, jika satu kembar memiliki autisme, yang lain kemung kinan memiliki autisme diperkira kan 36 hingga 95 persen. Mereka yang menderita autisme juga dapat mengalami perubahan di area‐area utama otak mereka yang memengaruhi bicara dan perilaku mereka.
Faktor lingkungan mungkin juga berperan dalam perkembangan GSA, meskipun dokter belum mengkonfirmasi hubungannya. Namun, para peneliti menjelaskan bahwa beberapa penyebab yang dikabarkan, seperti praktik pengasuhan anak, tidak menyebabkan autisme.
Kesalahpahaman umum lainnya seputar autisme adalah menerima vaksin, seperti vaksin untuk campak, gondong, dan rubella (MMR), dapat berkontribusi untuk autism. Namun, CDC melaporkan bahwa tidak ada hubungan yang diketahui antara vaksin dan autism. Sebuah studi tahun 2013 menegaskan bahwa jumlah antigen, atau zat yang memicu produksi antibodi penangkal penyakit adalah sama pada anak‐anak yang memiliki dan tidak memiliki GSA.
Beberapa orang mengklaim bahwa thimerosal, pengawet yang mengandung merkuri dan dalam vaksin tertentu, memiliki kaitan dengan autisme. Namun setidaknya sembilan studi berbeda sejak 2003 telah memberikan bukti yang membantah klaim ini. The Lanset jurnal menerbitkan makalah awa l yang memicu kontroversi seputar vaksin dan autisme dan mencabutnya 12 tahun kemudian setelah bukti gangguan data, dan penipuan penelitian menjadi jelas. Badan‐badan pengurus menelanjangi pengarangnya, Andrew Wakefield, dari kredensial dan izin praktiknya.
Tidak ada perawatan yang seragam untuk autisme, karena setiap orang denga n kondisi tersebut memiliki perbedaan. Terapi dan strategi tersedia untuk mengelola masalah kesehatan yang sering menyertai autisme. Masalah‐masalah ini dapat mencakup epilepsi, depresi, gangguan obsesif‐kompulsif (OCD), dan gangguan tidur. Meskipun tidak semua perawatan ini akan efektif untuk semua orang dengan GSA, tetapi ada banyak pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk membantu mengatasi GSA. Spesialis autisme atau psikolog dapat merujuk seseorang untuk perawatan yang mencerminkan presenta si autisme mereka.
Jika dokter meresepkan obat untuk anak atau orang dewasa dengan GSA, mereka biasanya akan berusaha mengatasi kejang, depresi, atau gangguan tidur. Sekali lagi, obat‐obatan mungkin tidak tepat untuk individu dengan autisme berdasarkan kasus perkasus.


 
INTERVENSI UNTUK AUTISME
Di antara intervensi pengobatan yang mungkin bermanfaat untuk autism adalah:
 
Analisis Perilaku Terapan (ABA)
Melalui ABA, seorang instruktur pada awalnya mencoba untuk belajar tentang perilaku khusus seseorang denga n GSA. Mereka juga ingin tahu tentang dampak lingkungan terhadap perilaku ini, dan bagaimana orang tersebu t belajar. ABA bertujuan untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan dan mengurangi perilaku berbahaya atau mengisolasi dengan menggunakan penguatan positif. ABA dapat membantu meningkatkan komunikasi, memori, fokus, dan kinerja akademik. Dengan menganalisis perilaku saat ini dan mengajarkan tindakan baru selangkah demi selangkah, seorang instruktur dapat memberikan seorang GSA dan orang‐orang di sekitarnya alat bantu dukungan.

Early Start Denver Model (ESDM)
Jenis terapi perilaku ini terjadi selama bermain dan membantu anak-anak berusia antara 1 dan 4 tahun. Seorang psikolog, spesialis perilaku, atau terapis okupasi menggunakan aktivit as bersama dan bermain untuk membantu anak autis membangun hubungan positif dengan rasa senang. Orang tua kemudian dapat melanjutkan terapi di rumah. ESDM mendukung keterampilan komunikasi dan kemampuan kognitif.

Floortime
Terapi ini melibatkan orang tua bergabung dengan anak‐anak di area bermain dan membangun hubungan. Terapi ABA mungkin juga menggunakan floortime untuk mendukung perawatan dan sebaliknya. Orang tua membiarkan anak‐anak memimpin permainan, memungkinkan kekuatan anak untuk berkembang. Melalui gabungan terapi ini, seorang anak dengan GSA belajar komunikasi dua arah dan kompleks, pemikiran emosional, dan keintiman. Mereka juga belajar untuk memimpin mengatur diri mereka sendiri dan terlibat dengan lingkungan mereka.

Terapi okupasi (OT)
Terapi ini membantu penderita autisme mengembangkan keterampilan untuk hidup sehari‐hari dan belajar kemandirian. Keterampilan ini termasuk berpakaian tanpa bantuan, perawatan dan kebersihan, dan keterampilan motorik halus. Orang dengan GSA kemudian mempraktikkan keterampilan ini di luar sesi terapi, yang biasanya antara 30 dan 60 menit.

Perawatan tanggapan penting (PRT)
Terapi ini bertujuan untuk mendukung motivasi dan kemampuan untuk menanggapi isyarat motivasi pada anak‐anak dengan GSA. Ini adalah terapi berbasis permainan yang berfokus pada penguatan alami. Misalnya, jika seorang anak menginginkan mobil mainan dan bertanya dengan cara yang tepat, mereka mendapatkan mobil mainan, bukan hadiah yang tidak terkait, seperti permen. Ini juga mendorong anak‐anak dengan GSA untuk memulai interaksi sosial, serta hanya menanggapi mereka.

Hubungan pengembangan intervensi (RDI)
Perawatan ini berkisar pada pentingnya pemikiran dinamis, atau kemampuan untuk menyesuaikan pikiran dan proses situasi secara fleksibel, untuk membantu meningkatkan kualitas hidup pada orang dengan autisme. Fokus RDI termasuk memahami perspektif orang lain, memproses perubahan, dan menyerap informasi dari beberapa sumber sekaligus, seperti penglihatan dan suara, tanpa mengalami kesulitan.

Terapi berbicara
Terapi ini membantu untuk mengatasi tantangan dalam komunikasi yang mungkin dialami oleh orang dengan autisme. Bantuan termasuk mencocokkan emosi dengan ekspresi wajah, belajar bagaimana menafsirkan bahasa tubuh, dan menanggapi pertanyaan. Seorang terapis wicara mungkin juga mencoba untuk mengajarkan nuansa nada vokal dan membantu individu memperkuat ucapan dan kejelasan mereka.



TEACCH
Program ini membantu untuk menginteg rasikan kebutuhan anak‐anak dengan autisme ke dalam lingkungan kelas, dengan penekanan pada pembelajar an visual dan dukungan untuk perhatian dan kesulitan komunikasi yang mungkin timbul. Penyedia pendidikan khusus dan pekerja sosial, serta profesional medis yang menyediakan perawatan lain, seperti psikolog dan terapi s bicara, dapat menggunakan siste m ini untuk mendukung anak‐anak dengan GSA. Anak‐anak dengan GSA sering mengembangkan berbagai perilaku yang membantu mereka memproses efek isolasi dari kondisi tersebut. Perila ku ini adalah upaya anak untuk melindungi diri dari rangsangan yang mungkin membanjiri mereka dan me ning katkan input sensorik untuk me ningkatkan perasaan. Mereka juga dapat memberlakukan perilaku ini untuk membawa tingkat tertentu atau organisasi atau logika ke kehidupan sehari‐hari mereka. Meskipun tidak semua strategi mengatasi autisme berbahaya, beberapa bisa menghambat interaksi sosial dan menyebabkan isolasi dan kesusahan. Perilaku‐perilaku tersebut meliputi:
  • mengisolasi diri mereka sendiri dan menghindari kontak dengan oranglain
  • pola berulang saat bermain dan mengandalkan kejadian yang sudah biasa di siang hari
  • berbicara kepada diri mereka sendiri, bersenandung, atau bersiul
  • menjadi sangat melekat pada objek yang disukai
  • memilih untuk mencari atau menghindari pengalaman tertentu sampai batas yang ekstrim.
Faktor penting dalam mengelola perilaku yang berpotensi mengisolasi bukanlah untuk mencegah perilaku ini, tetapi untuk menambahkan strategi koping lain yang dapat membuat perjalanan anak melalui autisme lebih mudah, seperti:
  • mencari bantuan
  • menggunakan bahasa lebih terbuka
  • santai dan istirahat
  • menjelaskan kebutuhan mereka
  • mengelola input sensorik
Cara efektif untuk mencapai koping seorang anak dengan autisme yaitu:
  • Memahami bahwa pemrosesan ucapa n dapat mengalami penundaan dan memperhitungkan hal ini saat berbicara dengan seorang anak dengan GSA.
  • Membatasi kebisingan, gerakan, dan keberadaan benda‐benda di dekatnya untuk membantu anak berkonsentrasi ketika memberikan informasi kepada mereka.
  • Membantu seorang anak untuk menyusun kegiatan dengan memberikan isyarat berdasarkan urutan, seperti “Pertama, lakukan ini, lalu ...”atau “Bersiaplah ... bersiap‐siap ...cepat!”
  • Peragakan sosialisasi orang dewasa yang tepat di depan anak dengan GSA.
  • Mendefinisikan ruang bermain denga n jelas menggunakan spidolvisual, seperti beanbag, untuk mening katkan rasa aman di sekitar anak‐anak lain.
  • Memastikan informasi tentang peristi wa jelas dan terlihat, dalam hal kegiatan rutin dan kegiatan yang berada di luar rutinitas dan dapat menyebabkan kesulitan.
  • Menjalankan dan mempraktikkan strategi koping ini selama bermain.
Orang yang berbeda, mengalami GSA hingga batas yang berbeda‐beda dan dengan berbagai perilaku. Namun, strategi dan keterampilan ini dapat membantu meningkatkan alat yang tersedia untuk setiap orang dengan kondisi dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Studi Terkait Autisme
Hingga saat ini tidak ada obat untuk autisme. Namun, para peneliti mempelajari hampir setiap aspek dari kondisi, dari penyebabnya hingga perawatan potensial. Pada beberapa orang dengan GSA, obat‐obatan dan intervensi kesehatan perilaku dapat meningkatkan efek dari kondisi untuk memungkinkan seseoran g berfungsi secara independen di masa dewasa. Bagi yang lain, gejala dan kondisi yang ada bersama, seperti epilepsi, mungkin memerlukan manajemen dan bantuan lebih lanjut.
Beberapa studi terkini sedang mempelajari perkembangan dan pengobatanautism, antara lain:
Sebuah studi tahun 2017 di Prosiding Akademi Ilmu Pengetahuan Nasional Amerika Serikat memeriksa 32 anak yang menerima intranasal oksitosin atau plasebo sebagai pengobatan. Penelitian ini menemukan bahwa anak‐ anak yang menggunakan oksitosin menun jukkan peningkatan fungsi sosial. Para peneliti studi sebelumnya menemu kan bahwa kadar oksitosin yang rendah memiliki hubungan dengan kinerja sosial yang lebih rendah.
Penelitian di tahun 2018 oleh Perhimpunan Genetika Manusia Amerika mengidentifikasi 43 urutan genetik yang sebelumnya tidak diketahui terkait denga n keterlambatan perkembangan, termasuk autisme.
Hingga tahun ini sedang berlangsung studi mengurai gangguan perkembangan yang mencari kondisi yang tidak terdiagnosis pada lebih dari 12.000 orang di Inggris dan Republik Irlandia. Penelitian ini bertujuan untuk memahami gangguan perkembangan untuk membantu anak‐anak dan orang dewasa yang mengalaminya dan untuk membantu para ilmuwan dan dokter dalam hal terapi.
Sebuah studi tahun 2017 diterbitkan dalam jurnal Alam menemukan bahwa pertumbuhan otak pada anak‐anak dengan GSA memiliki hubungan dengan keparahan kondisi tersebut. Para peneliti berteori bahwa pengetahuan ini dapat membantu dokter mendiagnosis autisme pada tahap awal daripada sebelumnya.
Studi‐studi tersebut merupakan bebe rapa upaya berkelanjutan yang dapa t membantu dalam diagnosis dan peng obat an GSA di masa depan, sehingg a orang dengan autisme dapat berinteraksi dengan orang lain secara baik dan tetap bisa memiliki kualitas hidup yang baik. (K.K)




 

Post Terkait

Permasalahan Dalam Mendapatkan Keturunan

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 17:48 | 1719 View

Bagi sebagian pasangan, memiliki anak adalah perkara mudah. Sedang bagi sebagian lainnya, memiliki anak terasa seperti perjuangan panjang. Hal ini umumnya disebabkan oleh beberapa kesalahan yang membuat orang tua susah…

Selengkapnya

YUK, CUCI TANGAN DENGAN SABUN

Tanggal Publikasi: 02 Sep 2019 09:43 | 853 View

Tangan merupakan salah satu organ tubuh manusia penting dalam setiap melakukan kegiatan. Salah satu kegiatannya ialah sebagai perantara antara makanan dan mulut. Untuk itu kehigenisan tangan patut menjadi perhatian untuk…

Selengkapnya

Hepatitis A, Seberapa Bahaya?

Tanggal Publikasi: 14 Aug 2019 13:39 | 4233 View

Belum lama ini kita mendengar adanya status KLB (Kejadian Luar Biasa) hepatitis A di Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Pemerintahan Kabupaten Pacitan menetapkan status KLB pada wabah hepatitis A setelah ratusan…

Selengkapnya

ALZHEIMER DAN KESEHATAN OTAK

Tanggal Publikasi: 12 Jul 2019 15:00 | 2534 View

Alzheimer? mungkin sebagian masyarakat tidak mengenal penyakit apa itu, tapi bagaimana jika Demensia atau kepikunan? mungkin dengan kata Demensia atau kepikunan masyarakat lebih paham. Lalu apa sih penyakit Alzheimer itu?.…

Selengkapnya

BERSAHABAT DENGAN LUPUS “SI PENIRU ULUNG”

Tanggal Publikasi: 12 Jun 2019 02:12 | 2760 View

Lupus atau LES (Lupus Erite ‐ matosus Sistemik) merupa kan salah satu jenis penyakit auto imun yang bersifat kronis dan hingga saat ini penyebabnya belum diketahui. Penyakit autoimun adalah suatu…

Selengkapnya