Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik

Tanggal : 10 Jul 2020 10:06 Wib


Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik yaitu Ruang Apotek Simulasi, Laboratorium Nanoteknologi, Laboratorium Paragon Innovation Semisolid Center, dan Ruang Multimedia.
Komite Etik Penelitian Kedokteran gigi (KEPKG) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) kembali meraih pengakuan internasional dari The Strategic Initiative for Developing Capacity in Ethical Review (SIDCER) – Forum for Ethical Review Committees in Asia and the Western Pacific (FERCAP). KEPKG FKG UI menjadi satu-satunya Komisi Etik Fakultas Kedokteran Gigi di Asia Pasifik yang meraih rekognisi internasional ini. Penyerahan sertifikat renewal SIDCER-FERCAP Recognition 2019 diberikan langsung oleh Presiden SIDCER Prof. Dr. Juntra Karbwang Laothavorn kepada Ketua KEPKG FKG UI Drg. Lisa R. Amir PhD serta disaksikan pula oleh Prof. Drg. Anton Rahardjo, M.Kes, PhD dan Irwin Idrus, SH selaku anggota KEPKG FKG UI pada 27 November 2019, di Penang, Malaysia. Dengan pencapaian ini, KEPKG FKG UI diakui telah berstandar internasional dan memiliki akuntibilitas di dalam penelitian kesehatan, baik itu aspek kualitas dan efektifitas telaah etik penelitian.
 
KEPKG FKG UI pertama kali mendapatkan pengakuan dari SIDCER-FERCAP pada tahun 2016. Pengakuan ini diraih berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan oleh Tim penilai yang berasal dari berbagai komisi etik anggota FERCAP dari luar maupun dalam negeri. Penilaian meliputi 5 standar yaitu: Struktur dan komposisi komisi etik; Ketentuan Kebijalan khusus (SOP); Kelengkapan proses telaah; Paska proses telaah; Dokumentasi dan arsip. Hasil penilaian akan berlaku selama 3 tahun.
 
Drg.Lisa menuturkan, “KEPKG FKG UI merupakan 1 dari 11 komisi etik penelitian kesehatan di Indonesia yang terekognisi oleh SIDCER-FERCAP, dan satu-satunya komisi etik Fakultas Kedokteran Gigi di Asia Pasifik yang terekognisi oleh SIDCER-FERCAP.  Capaian ini menjadi kebanggaan tersendiri, dengan mendapatkan pengakuan internasional, KEPKG FKG UI dapat berperan dalam meningkatkan kualitas penelitian di FKG UI menjadi lebih baik serta dapat menunjang penelitian kerjasama internasional khususnya penelitian klinis yang melibatkan manusia sebagai partisipan penelitian.
 
KEPKG FKG UI pertama kali dibentuk pada tanggal 27 Agustus 2003 melalui SK047/Kep./Dekan/FKG/UI/2003 dengan nama Komisi Etik Akademik Kedokteran Gigi dalam usaha untuk meningkatkan mutu penelitian dan memenuhi azas etika penelitian yaitu: otonomi, kejujuran, tidak merugikan, manfaat, dan keadilan. Pada tahun 2005, melalui SK008/Kep/Dekan/FKG-UI/2005, diadakan penggantian nama menjadi KEPKG FKG UI.
 
SIDCER-FERCAP merupakan inisiatif strategis global sehubungan dengan perlindungan partisipan penelitian kesehatan secara global. FERCAP merupakan Partnership Project dari World Health Organization (WHO) Special Training and Research Programme in Tropical Diseases (TDR) yang berada dalam payung Strategic Initiative for Developing Capacity in Ethical Review (SIDCER).

Komite Etik Penelitian Kedokteran Gigi FKG UI Peroleh Pengakuan Internasional SIDCER-FERCAP

Post Terkait

FIK UI Rancang Strategi untuk Memutus Rantai Infeksi pada Anak Sekolah

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 10:16 | 121 View

Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang dipimpin oleh Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., M.Kep menggagas sebuah program sebagai upaya promotif dan preventif untuk memutus rantai…

Selengkapnya

Fakultas Farmasi UI Resmikan Laboratorium dan Ruang Apotek Simulasi

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 10:00 | 201 View

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik yaitu Ruang Apotek Simulasi, Laboratorium Nanoteknologi, Laboratorium Paragon Innovation Semisolid Center, dan Ruang Multimedia. Peresmian dilakukan oleh Rektor UI…

Selengkapnya

Deteksi Dini Saraf Penciuman, Cegah Kerusakan Otak !

Tanggal Publikasi: 02 Sep 2019 09:43 | 399 View

Pada Oktober 2018 lalu, dilaksanakan Soft Opening Paviliun Bonaventura yang diadakan didaerah Jakarta Utara dan sekitarnya. Dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang lebih lengkap dengan tetap mengedepankan azas pendidikan,…

Selengkapnya

“Sentuhan Cinta“

Tanggal Publikasi: 13 Aug 2019 10:51 | 368 View

Sukses Mendapatkan Dukungan Lebih dari 145.000 para Ibu di Indonesia untuk Tingkatkan Kualitas Kesehatan dan Kesejahteraan Bayi Indonesia.

Selengkapnya

Tanggap Herpes Genital: Kenali Penyakitnya, Waspadai Penularannya!

Tanggal Publikasi: 12 Jul 2019 14:59 | 515 View

Dilansir dalam data WHO pada tahun 2014 tercatat bahwa 417 juta orang di dunia mengidap penyakit infeksi virus herpes genital‐1. Minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang apa itu sebenar nya herpes…

Selengkapnya