Fakultas Farmasi UI Resmikan Laboratorium dan Ruang Apotek Simulasi

Tanggal : 10 Jul 2020 10:00 Wib


Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik yaitu Ruang Apotek Simulasi, Laboratorium Nanoteknologi, Laboratorium Paragon Innovation Semisolid Center, dan Ruang Multimedia. Peresmian dilakukan oleh Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met. bersama dengan Dekan Fakultas Farmasi UI Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. pada Senin (2/12) di Gedung RIK (Rumpun Ilmu Kesehatan) kampus UI Depok. Peresmian ke-empat fasilitas penunjang kegiatan belajar mengajar tersebut dilakukan pada momentum Dies Natalis FFUI ke-8.
 
Rangkaian kegiatan lainnya adalah pemberian Apresiasi atas dukungan pihak industri farmasi terhadap keberlangsungan kegiatan akademik di FFUI yaitu kepada PT. Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia, United States Pharmacope Romoting The Quality of Medicine (USP-PQM), Chon Kun Dang Kochon Foundation serta PT. Paragon Technology and Innovation yang telah berkomitmen dengan FFUI untuk memberikan donasi dalam pengembangan Laboratorium Semisolid.
 
Selain itu, disampaikan pula penghargaan bagi Ibu Martha Tilaar sebagai sosok yang telah berkontribusi dalam prodi Magister Herbal di FFUI, dan penghargaan Satya Lencana 30 dan 20 tahun bagi para pengajar di FFUI. Penerima Satya Lencana 30 tahun yaitu Prof. Dr. Berna Elya, M.Si., Apt., Dr. Hayun, M.Si., Apt., Dr. Mahdi Jufri, M.Si., Apt. Sedangkan Karya Satya 20 Tahun yaitu Prof. Dr. Yahdiana Harahap, M.Si., Apt., Prof. Dr. Abdul Mun’im, M.Si.,Apt. dan Dr. Anton Bahtiar, M.Biomed., Apt.. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini berbeda dengan sebelumnya. Untuk Dies Natalis FF UI ke-8 ini para alumni turut serta untuk membantu acara ini baik dalam bentuk sponsor maupun mengisi acara. Kali ini para alumni FFUI akan mengisi acara sebagai pembicara talkshow yang mengambil tema “Kesiapan Farmasis Dalam Berbagai Peran Untuk Menghadapi Era Pharma 4.0”.
 
Ruang Apotek Simulasi diperuntukkan kepada mahasiswa Apoteker untuk praktek pendidikan terkait pelayanan kefarmasian di komunitas. Sedangkan untuk Lab Nanoteknologi dipergunakan untuk Mahasiswa FFUI maupun pihak luar yang membutuhkan pelayanan pengujian serta pembuatan sediaan nano obat/kosmetik. Untuk Lab Paragon Innovation Semisolid Center dibangun bagi Mahasiswa FFUI maupun pihak luar UI yang membutuhkan pelayanan pengujian atau pembuatan sediaan semisolid seperti cream, gel dan salep. Kemudian untuk Ruang Multimedia digunakan untuk melakukan perekaman materi perkuliahan dan juga sebagai sarana kegiatan pembelajaran jarak jauh.
 
Diharapkan dengan tersedianya empat ruang pendukung pendidikan ini mampu dimanfaatkan seoptimal mungkin sesuai kebutuhan sivitas akademika FFUI – khususnya para mahasiswa agar kegiatan perkuliahan maupun penelitian dapat lebih terfasilitasi dan terlaksana dengan lebih baik.
 

Para mahasiswa Farmasi UI di Ruang Apotek Simulasi di Gedung RIK UI Kampus Depok

Post Terkait

FIK UI Rancang Strategi untuk Memutus Rantai Infeksi pada Anak Sekolah

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 10:16 | 121 View

Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang dipimpin oleh Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., M.Kep menggagas sebuah program sebagai upaya promotif dan preventif untuk memutus rantai…

Selengkapnya

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 10:06 | 145 View

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik yaitu Ruang Apotek Simulasi, Laboratorium Nanoteknologi, Laboratorium Paragon Innovation Semisolid Center, dan Ruang Multimedia. Komite Etik Penelitian Kedokteran gigi…

Selengkapnya

Deteksi Dini Saraf Penciuman, Cegah Kerusakan Otak !

Tanggal Publikasi: 02 Sep 2019 09:43 | 399 View

Pada Oktober 2018 lalu, dilaksanakan Soft Opening Paviliun Bonaventura yang diadakan didaerah Jakarta Utara dan sekitarnya. Dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang lebih lengkap dengan tetap mengedepankan azas pendidikan,…

Selengkapnya

“Sentuhan Cinta“

Tanggal Publikasi: 13 Aug 2019 10:51 | 368 View

Sukses Mendapatkan Dukungan Lebih dari 145.000 para Ibu di Indonesia untuk Tingkatkan Kualitas Kesehatan dan Kesejahteraan Bayi Indonesia.

Selengkapnya

Tanggap Herpes Genital: Kenali Penyakitnya, Waspadai Penularannya!

Tanggal Publikasi: 12 Jul 2019 14:59 | 515 View

Dilansir dalam data WHO pada tahun 2014 tercatat bahwa 417 juta orang di dunia mengidap penyakit infeksi virus herpes genital‐1. Minimnya pengetahuan masyarakat Indonesia tentang apa itu sebenar nya herpes…

Selengkapnya