Hipoproteinemia sebagai Faktor dalam Menilai Malnutrisi dan Memprediksi Kelangsungan Hidup pada Hemodialisis

Tanggal : 06 May 2019 13:50 Wib


Katalinic L, Premuzic V, Basic‐Jukic
N, Barisic I, Jelakovic B
J Artif Organs. 2019 Mar 9. doi: 10.1007/
s10047‐019‐01098‐3
      Serangkaian penelitian telah menggambarkan kekurangan gizi sebagai salah satu faktor risiko non‐tradisional utama yang terkait dengan prognosis yang buruk dan hasil pengobatan pada pasien dengan hemodialisis (HD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi hubungan antara kualitas pengobatan HD dan status gizi dan juga untuk menyelidiki hubungan antara kekurangan gizi dan kelangsungan hidup secara keseluruhan.
      Sebanyak 134 pasien rawat jalan dewasa (56,4% pria, usia rata‐rata 60,8 ±16,15) tahun) terdaftar dalam penelitian ini. Data klinis dan laboratorium diperoleh dari catatan medis. Pengukuran antropometri dilakukan sebelum HD. Malnutrisi‐Inflammation Score (MIS) di gunakan sebagai sistem penilaian yang merepresentasikan tingkat keparahan dari pemborosan energi‐protein (PEW). Pasien malnutrisi secara signifikan lebih tua apabila dibandingkan dengan pasien non‐malnutrisi. Mereka memiliki dialisis
vintage yang lebih lama dan diuresis residual yang lebih rendah, BMI, protein serum, dan albumin serta indeks jaringan tanpa lemak (LTI). Pasien malnutrisi bertahan secara signifikan lebih pendek daripada pasien non‐malnutrisi. Pasien hipoproteinemik memiliki nilai serum albumin dan LTI yang secara signifikan lebih rendah dan bertahan lebih pendek daripada pasien normoproteinemia. Hanya kekurangan gizi dan usia yang dikaitkan dengan mortalitas keseluruhan yang lebih tinggi pada semua kelompok pasien.
 Dengan berfokus pada SIM dan status protein serum daripada faktor yang berhubungan dengan dialisis dan teknik pengobatan yang berbeda, penelitian ini dapat mencapai status gizi yang lebih baik dan meningkatkan hasil keseluruhan. Sementara mengantisipasi langkah‐langkah baru dan lebih efektif untuk mencegah malnutrisi, hasil penelitian ini jelas menunjukkan bahwa berjuang untuk status gizi setinggi mungkin harus menjadi salah satu strategi kunci dalam meningkatkan hasil pada kelompok pasien tertentu.

Post Terkait

Pengaruh Diet Vegan pada Tekanan Darah Orang Dewasa

Tanggal Publikasi: 06 May 2019 13:30 | 12 View

Bahwa perubahan tekanan darah yang disebabkan oleh diet vegan tanpa pembatasan kalori sebanding dengan yang disebabkan oleh pendekatan diet.

Selengkapnya

Perubahan Diet selama Kehamilan dan Alasan Perempuan Merubah Diet

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:06 | 352 View

Perempuan sering membuat perubahn diet ketika hamil. Namun demikian, modifikasi diet dan alasannya belum dilakukan studi yang baik.

Selengkapnya

Micronutrient Productivity: Parameter yang Komprehensif untuk Biofortification pada Padi (Oryza sativa L.)

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:04 | 312 View

Untuk mengurangi hidden hunger, meningkatkan kandungan mikronutrien dari tanaman pokok seperti beras akan meningkatkan nutrisi manusia secara global.

Selengkapnya

Kesenjangan dalam Intervensi Penduduk untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:03 | 312 View

Saat ini ada perhatian besar ditujukan untuk mengidentifikasi intervensi yang menjanjikan dalam mengurangi konsumsi gula pada populasi di seluruh dunia.

Selengkapnya

Pengikisan Nutrisi pada Kanker

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:02 | 336 View

Ketika proliferasi sel kanker bergantung pada akses ke nutrisi ekstraseluler, perfusi tumor yang tidak memadai menandakan bahwa glukosa, asam amino dan lipid sering kekurangan pasokan.

Selengkapnya