FKUB Peduli Nyeri

Tanggal : 24 Nov 2017 13:40 Wib


Nyeri merupakan keluhan terbanyak yang di alami oleh lebih dari 80% pasien di layanan primer. Pasien dengan keluhan nyeri yang datang ke rumah sakit seringkali datang dalam kondisi nyeri kronis. Hal ini disebabkan penanganan nyeri yang kurang adekuat di layanan primer.

Kompetensi dokter umum dalam penanganan nyeri menjadi sangat penting saat melakukan pelayanan di layanan primer. kemampuan yang seharusnya dimiliki tidak hanya sebatas penilaian nyeri, melakukan terapi nyeri dengan obat atau melakukan rujukan saja. Namun juga diperlukan kemampuan dokter umum untuk mendidik masyarakat agar memiliki ketrampilan menangani nyeri secara mandiri.
 
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) menunjukkan kepedulian terhadap nyeri dan kompetensi dokter dalam menangani nyeri dengan rencana inisiasi modul Pengembangan Pendidikan Keprofesian Berkelanjutan (P2KB) yang bisa diselenggarakan secara nasional dan multisenter. Secara khusus, Pusat Studi Nyeri merupakan wadah  yang lebih komprehensif untuk pengembangan ilmu dan perbaikan layanan kesehatan terkait nyeri. 
 
Selain beberapa kegiatan ilmiah tentang nyeri  yang pernah diselenggarakan sebelumnya, Simposium dan Mini Workshop Pain Management di Layanan Primer merupakan upaya meningkatkan mawas diri dan pengetahuan serta keterampilan  tentang penanganan nyeri. Dalam sambutannya, Dr.Muh Adib Khumaidi,Sp.OT-Sekjen PB IDI menyampaikan ““Tugas IDI tidak hanya menjaga kompetensi dokter umum, tapi juga meningkatkan marwah dokter umum. IDI menggalakkan kegiatan yang meningkatkan kepercayaan dokter umum sebagai gate keeper pelayanan, terutama di era JKN. PB IDI mendorong PDSp memberikan sebagian kewenangan yang dapat dilaksanakan dokter umum di tingkat layanan primer. Salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan ditingkatkan adalah penanganan nyeri.”
 
Ditengah acara simposium dan mini workshop Pain Management di layanan primer yang diadakan di FK UB, Malang pada 23 November 2017 telah diadakan pertemuan penting yang melibatkan PB IDI, Kolegium Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (KATI) dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sebagai lembaga pendidikan yang akan melangkah menjadi pusat studi nyeri. Dalam pertemuan ini PB IDI diwakili Sekjen PB IDI dr. Adib Khumaidi, Sp.OT,  KATI diwakili ketua Kolegium Prof.Dr.dr. Nancy Margarita Rehatta, Sp.An, KIC, KNA, dan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya  dalam hal ini diwakili dr. Ristiawan Muji Laksono, Sp.An, KMN.
 
Pertemuan tersebut telah membahas dan menginisiasi penyusunan Modul Penanganan Nyeri bagi dokter umum dilayanan primer utk diterapkan secara nasional. Hasil dari pertemuan ini menjadi tonggak awal perkembangan Penanganan nyeri khususnya di layanan primer. dengan harapan meningkatkan kualitas layanan dokter umum kepada masyarakat‎ terutama di era JKN dan menghadapi tantangan globalisasi.(SP)

Post Terkait

FIK UI Rancang Strategi untuk Memutus Rantai Infeksi pada Anak Sekolah

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 10:16 | 1346 View

Tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) yang dipimpin oleh Dr. Hanny Handiyani, S.Kp., M.Kep menggagas sebuah program sebagai upaya promotif dan preventif untuk memutus rantai…

Selengkapnya

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 10:06 | 1543 View

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik yaitu Ruang Apotek Simulasi, Laboratorium Nanoteknologi, Laboratorium Paragon Innovation Semisolid Center, dan Ruang Multimedia. Komite Etik Penelitian Kedokteran gigi…

Selengkapnya

Fakultas Farmasi UI Resmikan Laboratorium dan Ruang Apotek Simulasi

Tanggal Publikasi: 10 Jul 2020 10:00 | 2065 View

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) meresmikan Empat Ruang Pendukung Pendidikan Akademik yaitu Ruang Apotek Simulasi, Laboratorium Nanoteknologi, Laboratorium Paragon Innovation Semisolid Center, dan Ruang Multimedia. Peresmian dilakukan oleh Rektor UI…

Selengkapnya

Deteksi Dini Saraf Penciuman, Cegah Kerusakan Otak !

Tanggal Publikasi: 02 Sep 2019 09:43 | 2158 View

Pada Oktober 2018 lalu, dilaksanakan Soft Opening Paviliun Bonaventura yang diadakan didaerah Jakarta Utara dan sekitarnya. Dipersembahkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat yang lebih lengkap dengan tetap mengedepankan azas pendidikan,…

Selengkapnya

“Sentuhan Cinta“

Tanggal Publikasi: 13 Aug 2019 10:51 | 1256 View

Sukses Mendapatkan Dukungan Lebih dari 145.000 para Ibu di Indonesia untuk Tingkatkan Kualitas Kesehatan dan Kesejahteraan Bayi Indonesia.

Selengkapnya