Kekurangan Zat Besi Berhubungan dengan Penurunan dalam Beberapa Gejala Independen dari Tingkat Hemoglobin di antara Pasien Hemodialisis Kronis

Tanggal : 30 Sep 2018 08:00 Wib


Motonishi S, Tanaka K, Ozawa T
PLoS One. 2018 Aug 2;13(8):e0201662.
doi: 10.1371/journal.pone.0201662.

Metode penelitian ini dilakukan dengan pemeliharaan pasien hemo dialisis mencapai target kadar hemoglobin (≥ 10.0g/dL) di bawah perawatan di klinik yang dikelompokkan berdasarkan perbandingan dari tiga perspektif. Kekurangan zat besi (saturasi transferin [TSAT] <20% atau ferritin <100ng/mL) dibanding yang normal, level TSAT (<atau ≥ 20%), dan tingkat konsentrasi feritin serum (<atau ≥ 100ng/mL). 
Tingkat keparahan gejala ditentukan dengan skor kuesioner gejala, Perbedaan signifikan diamati antar kelompok dengan interval kepercayaan 95% yang diperoleh dengan regresi logistik. Hasil penelitian bahwa dari 154 subjek yang dipilih untuk dianalisis, rasio arthralgia berat dan kelelahan secara signifikan lebih tinggi pada kelompok kekurangan zat besi (n = 94) dibandingkan dengan kelompok yang normal (n = 60). Selain itu, dalam analisis multivariat, TSAT yang rendah secara signifikan terkait dengan eksaserbasi nyeri selam a tusukan akses vaskular dan kram kaki intradialytic. Sementara konsentrasi serum feritin yang rendah terkait dengan peningkatan signifikan pada artralgia berat, kelelahan, sakit kepala intradialytic, dan kram kaki.
Kesimpulan penelitian ini bahwa kekurangan zat besi diidentifikasi sebagai faktor risiko untuk keparahan beberapa gejala bahkan tanpa tingkat hemoglobin yang rendah di antara pasien hemod ialisis kronis. Suplementasi zat besi dianggap berkhasiat untuk mem perbaiki gejala kritis yang memengaruhi pasien selama menjalani perawatan dialisis.

Post Terkait

Perubahan Diet selama Kehamilan dan Alasan Perempuan Merubah Diet

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:06 | 182 View

Perempuan sering membuat perubahn diet ketika hamil. Namun demikian, modifikasi diet dan alasannya belum dilakukan studi yang baik.

Selengkapnya

Micronutrient Productivity: Parameter yang Komprehensif untuk Biofortification pada Padi (Oryza sativa L.)

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:04 | 163 View

Untuk mengurangi hidden hunger, meningkatkan kandungan mikronutrien dari tanaman pokok seperti beras akan meningkatkan nutrisi manusia secara global.

Selengkapnya

Kesenjangan dalam Intervensi Penduduk untuk Mengurangi Konsumsi Gula

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:03 | 176 View

Saat ini ada perhatian besar ditujukan untuk mengidentifikasi intervensi yang menjanjikan dalam mengurangi konsumsi gula pada populasi di seluruh dunia.

Selengkapnya

Pengikisan Nutrisi pada Kanker

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:02 | 174 View

Ketika proliferasi sel kanker bergantung pada akses ke nutrisi ekstraseluler, perfusi tumor yang tidak memadai menandakan bahwa glukosa, asam amino dan lipid sering kekurangan pasokan.

Selengkapnya

Sumber Makanan Berenergi dan Bernutrisi, dan Nutrisi yang Menjadi Fokus Kesehatan Masyarakat untuk Batas dengan Fokus pada Susu dan Makanan Susu lainnya pada Anak 2 sampai 18 Tahun Umur: Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional, 2011‐2014

Tanggal Publikasi: 30 Sep 2018 08:01 | 118 View

Banyak anak tidak memenuhi rekomendasi nutrisi saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan sumber makanan energi, nutrisi perhatian kesehatan masyarakat, dan nutrisi untuk membatasi dengan fokus pada makanan…

Selengkapnya


Jurnal Medika CME